Kamis, 03 Maret 2011

keroncong teduh

beberapa hari yang lalu di mobil milik temanku aku berkenalan dengan sebuah lagu yang hingga kini terus mengiang dan terus menerus kunyanyikan dan kuputar dengan pemutar musik di telepon genggamku. lagu itu berjudul 'come first of may', sebuah lagu keroncong yang dinyanyikan oleh sebuah kelompok bernama 'irama tongkol teduh'. sampai sekarang aku belum banyak tahu tentang kelompok yang menyanyikan lagu ini selain bahwa mereka adalah kelompok yang bercokol di UGM Yogyakarta, pun pula aku belum bisa menemukan relevansi judul dengan isi lagunya. yang bisa aku asumsikan adalah bahwa lagu ini merupakan curahan hati seseorang yang mengalami entah patah hati atau putus cinta di awal bulan mei.

begini lirik lagu itu:

aku berjanji, tak ada kesedihan dalam lagu ini
kau hanya kucatat sbagai alamat singkat
yang tak lagi kusinggahi

meski dalam sendiri ada perkara yang tetap selamanya
tak terlihat bagai jejak burung-burung di udara

sepi yang kugambari dengan warna-warna
yang hanya ada...

reff
ketika matamu terpejam, diam
memandang suryaaa

lagu ini begitu indah, dan teduh seperti nama kelompok yang menyanyikannya. lagu yang memberi semangat baru bagi mereka yang putus cinta atau patah hati. walaupun ada sedikit kontradiksi di bagian reffrain dan kalimat sebelumnya. 'aku' yang di bagian awal lagu menyatakan bahwa 'kau' hanyalah sebuah hal yang remeh dan tidak penting mendadak di sebelum reffrain mengatakan bahwa di hari-harinya yang sepi setelah tidak ada 'kau' hanya mengisi hari-harinya dengan ingatan-ingatannya tentang 'kau'. seorang temanku berkata,"hahaha...ak nggak percaya bisa melupakan seseorang... " benar juga katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar