Rabu, 13 Februari 2013

Pahlawan Legendaris: Kamen Rider

Setiap anak yang tumbuh besar di tahun 90an pasti mengenal pahlawan super yang bernama Satria Baja Hitam dan Satria Baja Hitam RX. Aksinya membasmi monster Gorgom dan Crisis Empire pasti membekas di hati setiap anak yang pernah menontonnya di televisi. Bahkan bukanlah tidak mungkin kalau anak-anak di masa itu banyak yang ingin menjadi pahlawan seperti Kotaro Minami (nama karakter yang berubah jadi Satria Baja Hitam dan juga RX).
 Kamen Rider Black

 
 (Ki-Ka) Kamen Rider Black RX Bio, RX, dan RX Robo


Tidak banyak yang tahu bahwa penggunaan nama Satria Baja Hitam adalah sebuah kesalahan penerjemahan. Nama asli dari Satria Baja Hitam di Jepang sana adalah Kamen Rider Black, dimana Kamen berarti topeng dan Rider bisa diartikan sebagai Satria. Jadi terjemahan yang lebih tepat adalah Satria Bertopeng Hitam. Salah satu efek dari kesalahan penerjemahan itu adalah pemukulrataan pemanggilan  setiap Kamen Rider dengan nama Satria Baja Hitam. Cobalah tengok gambar di atas, bukankah RX Bio sama sekali tidak berwarna hitam?

SISI HISTORIS

Kamen Rider adalah sebuah serial yang sudah populer di Jepang sejak tahun 70an. Kamen Rider Black bukanlah yang pertama, ia adalah kamen rider ke-11 dalam sejarah. Kamen Rider pertama bernama Kamen Rider Ichigo, atau bisa juga disebut sebagai Kamen Rider One. Penciptanya adalah seorang penulis cerita fiksi ilmiah mingguan bernama Shotaro Ishinomori. Kemunculan perdana Kamen Rider Ichigo terjadi pada tanggal 3 April 1971 di NET TV (sekarang bernama TV Asahi).

 
 Kamen Rider Ichigo


Di tulisan ini saya tidak akan membahas semua kamen rider yang pernah ada. Saya hanya akan membagikan sedikit informasi umum dan mendasar soal para pahlawan legendaris ini. Nah, secara garis besar serial kamen rider dibagi menjadi dua era besar berdasarkan tahun aksinya. Era pertama disebut era Showa. Era ini berlangsung dari tahun 71 (kamen rider pertama) sampai dengan Kamen Rider Black RX di tahun 80an akhir.

(Ki-Ka) Kamen Rider RX, Ichigo, Nigo, V3, Riderman, X, Amazon. Stronger. Skyrider, Super One, Z-Cross


 
 (Ki-Ka) Z-Cross, Skyrider, Amazon, Riderman, Nigo, Black, Ichigo, V3. X, Stronger, Super One


Serial kamen rider sempat hilang di awal tahun 90an. Baru pada tahun 1997 kamen rider baru, Kamen Rider Kuuga muncul. Kelahirannya inilah awal dari era kedua kamen rider, era Heisei. Era Heisei sendiri masih berlangsung smpai sekarang. Satria-satria baru terus bermunculan dengan keunikannya masing-masing.

Kamen Rider Kuuga


(Atas, Ki-Ka) Kuuga, Agito, Ryuki, Faiz, Blade, Hibiki, Kabuto
(Bawah, Ki-Ka) Den-O, Kiva, Decade, W, Ouze, Fourze
(Figur paling kanan) Wizard

MELIHAT LEBIH DALAM

Setelah menengok sedikit soal sejarah kamen rider, berikutnya saya akan menuliskan sedikit hasil pengamatan saya pada serial kamen rider sampai sejauh ini. Saya akan menuliskan karakteristik kamen rider dari era Showa dan juga Heisei.

SHOWA

Perbedaan paling mencolok dari kamen rider di kedua era tersebut adalah alur cerita secara garis besar. Para kamen rider di era Showa semuanya adalah manusia korban penculikan organisasi-organisasi kriminal misterius yang kemudian mengubah mereka manjadi cyborg. Cyborg-cyborg ini kemudian memberontak dan memilih untuk memihak umat manusia. 

Kesepuluh kamen rider awal di era Showa memiliki keterikatan alur cerita. Dalam dunia cerita para kamen rider, Kamen Rider Nigo muncul setelah Kamen Rider Ichigo, lalu Kamen Rider V3 pun menyusul, dan begitu seterusnya. Di beberapa titik cerita saat mereka saling bertemu, kamen rider yang muncul belakangan pun memanggil kamen rider yang muncul duluan dengan sebutan "senior". Organisasi kriminal dari masing-masing serinya pun saling terhubung. Semua organisasi kejahatan yang dilawan Kamen Rider Ichigo sampai Super One adalah organisasi anakan dari organisasi kriminal besar yang menjadi lawan kamen rider ke-10, Z-Cross.

Secara fisik kesemua kamen rider Showa memiliki kesamaan. Bentuk dasar kostum mereka mengambil  bentuk dasar serangga, dan semuanya memakai scarf di lehernya (kecuali Black dan Black RX). Sumber kekuatan mereka adalah kelebihan kekuatan fisik melebihi manusia yang didapat dari operasi, walaupun ada juga yang menggunakan senjata semacam pedang atau tongkat. Yang jelas, kamen rider Showa lebih banyak mengandalkan kekuatan fisik mereka.

HEISEI

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, perbedaan paling mencolok dari kamen rider di kedua era ini adalah alur cerita secara garis besarnya. Jika di era Showa kamen ridernya saling terikat, maka di era Heisei para kamen rider seakan berdiri sendiri-sendiri, tanpa keterikatan secara waktu.Di beberapa film  memang kamen rider- kamen rider ini nampak ada di ruang dan waktu yang sama tapi kalau menurut saya kok nampak dipaksakan dan kadang logika ceritanya nggak masuk. Sumber kekuatan para rider Heisei ini pun berbeda secara mendasar. Kekuatan rider mereka bukan didapat dari hasil operasi, melainkan dari artefak-artefak misterius ataupun alat-alat canggih bikinan pabrik.

Era Heisei adalah era yang mulai mendobrak 'pakem' kamen rider. Di cerita rider Heisei konsep banyak rider dalam satu cerita semakin digalakkan. Dalam Kamen Rider Ryuki rider yang muncul mencapai 13 rider. Ceritanya pun tak kalah nyeleneh, rider-rider di dalamnya saling bertarung, dan yang paling mendobrak pakem adalah kematian sang karakter utama, Ryuki. Secara fisik bentuk para rider juga tak melulu mengambil bentuk dasar serangga. Ambil contoh pada Kamen Rider Ryuki ada rider yang mengambil bentuk naga, kelelawar, ular, dll. Kekuatan rider-rider ini pun terlihat lebih superior dengan proyektil-proyektil energi yang bombastis. Hal ini tentunya adalah konsekuensi logis dari perkembangan teknologi grafis.

****************

Saya pribadi hanya sempat menyicipi bebarapa rider Showa seperti Super One, Black, dan Black RX. Rider-rider Showa lainnya saya kenal lewat kemunculannya di film-film kamen rider Heisei yang sering memunculkan rider-rider lintas seri dan era. Pun rider Heisei belum semuanya saya tuntas tonton. Ada yang hanya sempat saya cicipi beberapa episode awal ataupun dari versi filmnya. Saya cukup beruntung untuk menonton sampai tamat Kuuga, Faiz, Kabuto, Ryuki, dan Decade.

Dari sekian tontonan saya nampaknya hanya Kamen Rider yang benar-benar nyantol. Impian saya adalah membeli harddisk kapasitas besar dan mengisinya dengan koleksi lengkap semua serial Kamen Rider. Saya yakin itu akan menjadi harta yang tak ternilai harganya. Tapi ya, entah kapan mimpi itu bisa terwujud.



*dirangkum dari berbagai sumber (kamenrider.wikia.com, dll)
adieu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar